Kendaraan Listrik, Solusi Cerdas Penghematan BBM

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, manusia selalu berlomba-lomba dan melakukan inovasi-inovasi baru untuk menciptakan alat-alat canggih yang dapat memudahkan segala pekerjaan dan aktivitas mereka, termasuk alat transportasi. Pada umumnya alat transportasi menggunakan sumber tenaga dari bahan bakar fosil, namun dengan semakin melambungnya pengguna alat transportasi-transportasi tersebut. menjadikan terjadinya pencemaran udara dimana-dimana, selain pencemaran udara sisa pembakaran dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) tersebut dapat mengganggu kesehatan manusia. Dan salah satu inovasi terbaru dari alat transportasi adalah kendaraan listrik. Kendaraan listrik sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan satu atau lebih motor listrik atau motor traksi sebagai tenaga penggeraknya. Sekarang ini sudah banyak tercipta kendaraan-kendaraan listrik, dan bahkan sudah dijual dipasaran  seperti mobil listrik, sepeda motor listrik, sepeda listrik, bus listrik, bemo listrik, kereta listrik, pesawat listrik, skuter dan pesawat listrik.

Kendaraan ListrikKendaraan listrik sendiri  pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-19, ketika listrik lebih dipilih sebagai tenaga penggerak pada kendaraan. Pada waktu itu, kendaraan listrik menawarkan kenyamanan yang lebih baik, biaya lebih murah serta pengoperasian yang lebih mudah daripada kendaraan-kendaraan berbahan bakar bensin. Pada tahun 2003, kendaraan listrik hibrida yang dijual massal pertama di dunia yaitu Toyota Prius diluncurkan. Pada tahun yang sama pula, perusahaan GoinGreen di London meluncurkan G-Wiz, mobil mini yang menjadi kendaraan listrik terlaris di dunia. Kendaraan listrik baterai pertama, Nissan Leaf, diluncurkan pada bulan Desember 2010. Perusahaan otomotif yang berpusat di California, Fisker Automotive, adalah yang pertama dalam meluncurkan mobil listrik kelas premium yang mereka namai Fisker Karma. Perusahaan otomotif lainnya juga memiliki merk mereka masing-masing, dan banyak negara di dunia yang sedang membangun jaringan stasiun pengisian listrik di negaranya.

Kendaraan Listrik
Kereta Api Listrik
Kendaraan Listrik
Lokomotif Listrik

Ada banyak cara untuk menghasilkan listrik, dengan biaya dan efisiensi yang beraneka ragam pula. Yaitu salah satu caranya disambungkan dengan pembangkit listrik, sambungan langsung ke pembangkit listrik sering dilakukan pada kereta listrik, bus listrik, dan truk listrik dan generator terintegrasi dan kendaraan listrik hibrida. Sumber terbaharuinya seperti tenaga surya : kendaraan sel surya, generator terintegrasi menggunakan mesin diesel : lokomotif transmisi diesel-listrik, generator terintegrasi menggunakan sel bahan bakar : kendaraan sel bahan bakar dan generator terintegrasi menggunakan energi nuklir: kapal selam dan kapal induk bertenaga nuklir.

Leave a Reply