Sepeda Motor Listrik, Kendaraan Ramah Lingkungan

posted in: Motor Listrik | 0
Motor Listrik Ecycle
Motor Listrik Ecycle

Awal mula pembuatan kendaraan listrik yaitu sekitar tahun 1940-an krisis bahan bakar di Eropa mendorong perusahaan Socovel dari Austrian membuat sepeda motor listrik kecil. Saat itu kendaraan yang dibuat berjumlah sekitar 400 buah. Dan terinspirasi oleh kelangkaan BBM dari masa Perang Dunia II, Merle Williams menciptakan kendaraan listrik pertamanya. Kemudian dia mulai memproduksi kendaraan ini di garasi rumah dan bisnis ini terus bergulir hingga akhirnya menjadi Perusahaan dengan nama Marketeer. Sepeda motor listrik sendiri merupakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Sepeda motor listrik mulai berkembang seiring dengan mencuatnya masalah global warning (pemanasan global) serta kelangkaan bahan bakar minyak (BBM), mulai saat itu para produsen kendaraan mulai berlomba-lomba menciptakan kendaraan listrik, yaitu sepeda motor listrik salah satu produknya. Dan hingga saat ini di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson. Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB.

Sumber tenaga sepeda motor listrik (hibrida) sendiri adalah akumulator atau baterai, tapi perkembangan teknologi fuel cell hidrogendalam sel bahan bakar telah menyebabkan terciptanya beberapa prototipe baru. Beberapa contohnya adalah : ENV dari Intelligent Energy, pada skuter HONDA teknologi ini diberi nama HONDA FC Stack dan pada YAMAHA diberi nama YAMAHA FC-Aqel. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan, beberapa contohnya adalah Ecycle dan dari YAMAHA, yaitu Gen-RYU. Dan saat ini pun telah banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini.

Motor Listrik Honda FC Stack
Motor Listrik HONDA FC Stack
Motor Listrik Yamaha FC-Aqel
Motor Listrik Yamaha FC-Aqel
motor listrik YAMAHA Gen-RYU
YAMAHA Gen-RYU

Sebuah tonggak bersejarah bagi negara Indonesia, di tahun 2007 Komunitas Kendaraan Listrik telah terbentuk, mendahului komunitas serupa di negara-negara tetangga kita. Jarak tempuh terjauh yang dapat dicapai oleh sepeda motor listrik di Indonesia pun telah meningkat secara signifikan menjadi 80 km/h dan untuk jarak tempuh sedemikian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 900. Sedang untuk jalan menaik kendaraan mampu naik dengan sudut kemiringan sampai 30 derajat. Waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh baterai/akumulator adalah 8 jam dan akumulator dapat diisi kapan saja tanpa menunggu habis. Sepeda motor listrik ini pun dapat dipakai melewati jalan yang tergenang air atau dicuci, yang terpenting dinamo tidak tergenang air.

Pada tahun 2011, Direktur Utama PLN Dahlan Iskan menyatakan PLN mencari satu pulau yang bisa dijadikan tempat uji coba kendaraan listrik tersebut. Jadi, satu pulau 100 persen memakai kendaraan listrik. Dan di bulan Oktober 2013, Indonesia selaku tuan rumah APEC 2013 memutuskan akan mensterilkan wilayah Nusa Dua dari kendaraan BBM dan mengganti seluruh transportasi dengan kendaraan listrik.

Dan pada tahun 2012, Pemerintah Indonesia mulai kucurkan 100 miliar rupiah untuk riset kendaraan listrik termasuk mobil listrik, dan PLN akan merilis 1000 sepeda motor listrik lokal dan akan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik di Jakarta & Bandung, serta BioBemo yang merupakan proyek dari rakyat untuk rakyat mengubah Bemo yang berpolusi menjadi nihil polusi pertama di Indonesia dan pada bulan Mei 2013 Indonesia mengeluarkan Bus Listrik Indonesia pertama yang dioperasiakan di kota Yogyakarta.

Leave a Reply